Kamis, 10 November 2011

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

Manusia dan kebudayaan adalah dua hal yang sangat erat dan tak bisa dpisahkan satu sama lainnya. Budaya tercipta atau terwujud merupakan hasil dari interaksi antara manusia dengan segala isi yang ada di alam raya ini. Sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang dianugrahi akal dan pikiran, manusia dapat menciptakan kebudayaannya masing-masing dan mampu untuk berkarya di muka bumi ini karena secara hakikatnya manusia adalah khalifah di muka bumi ini. Disamping itu manusia juga memiliki intelegensia, intuisi, perasaan, emosi, kemauan, fantasi dan perilaku. Dengan semua kemampuan yang dimiliki oleh manusia maka manusia bisa menciptakan kebudayaan. Kebudayaan ada karena manusia yang menciptakannya dan manusia dapat hidup ditengah kebudayaan yang diciptakannya.
Kebudayaan manusia pastinya berbeda-beda, karena setiap manusia mempunyai kebiasaan dan lingkungannya sendiri. Di seluruh dunia pastinya kebudayaan masing-masing wilayah berbeda. Bahkan di negara kita Indonesia, dari Sabang sampai Merauke memiliki kebudayaan yang beragam. Oleh karena itulah keberagaman budaya tersebut sangat dipengaruhi faktor-faktor seperti lingkungan, individunya sendiri dan lain sebagainya.

DEFINISI MANUSIA
Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna. Banyak pengertian dari definisi manusia ini. Dapat diartikan secara biologis, rohani, atau dari kebudayaannya. Secara biologis, manusia diklasifikasikan sebagai  Homo Sapiens, yaitu sebuah spesies primata dari golongan mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi. Dalam hal kerohanian, mereka dijelaskan menggunakan konsep jiwa yang bervariasi di mana, dalam agama, dimengerti dalam hubungannya dengan kekuatan ketuhanan atau makhluk hidup; dalam mitos, mereka juga seringkali dibandingkan dengan ras lain. Dalam kebudayaan, mereka dijelaskan berdasarkan penggunaan bahasanya, organisasi mereka dalam masyarakat luas serta perkembangan teknologinya, dan terutama berdasarkan kemampuannya untuk membentuk kelompok dan lembaga untuk dukungan satu sama lain serta pertolongan.

Secara garis besar, manusia adalah makhluk hidup yang memiliki akal dan pikiran serta dilengkapi dengan mempunyai intelegensia, intuisi, perasaan, emosi, kemauan, fantasi dan perilaku. Dengan adanya faktor itu, dapat dikatakan manusia atau orang adalah makhluk hidup paling sempurna didunia ini.

ORIENTASI NILAI BUDAYA
            Orientasi Nilai Budaya merupakan sistem nilai budaya bermasyarakat secara universal.  Terdapat banyak nilai kehidupan yang ditanamkan oleh setiap budaya yang ada di dunia. Nilai kebudayaan pasti berbeda-beda pada dasarnya tetapi kesekian banyak kebudayaan di dunia ini memiliki orientasi-orientasi yang hampir sejalan terhadap yang lainnya. Jika dilihat dari lima masalah dasar dalam hidup manusia, orientasi-orientasi nilai budaya hampir serupa.

            Lima Masalah Dasar Dalam Hidup yang Menentukan Orientasi Nilai Budaya Manusia ( kerangka Kluckhohn ) :
·         Hakekat Hidup
1.       Hidup itu buruk
2.       Hidup itu baik
3.       Hidup bisa buruk dan baik, tetapi manusia tetap harus bisa berikthtiar agar hidup bisa menjadi baik.
4.       Hidup adalah pasrah kepada nasib yang telah ditentukan.
·         Hakekat Karya
1.       Karya itu untuk menafkahi hidup
2.       Karya itu untuk kehormatan.
·         Persepsi Manusia Tentang Waktu
1.       Berorientasi hanya kepada masa kini. Apa yang dilakukannya hanya untuk hari ini dan esok. Tetapi orientasi ini bagus karena seseorang yang berorientasi kepada masa kini pasti akan bekerja semaksimal mungkin untuk hari-harinya.
2.       Orientasi masa lalu. Masa lalu memang bagus untuk diorientasikan untuk menjadi sebuah evolusi diri mengenai apa yang sepatutnya dilakukan dan yang tidak dilakukan.
3.       Orientasi masa depan. Manusia yang futuristik pasti lebih maju dibandingkan dengan lainnya, pikirannya terbentang jauh kedepan dan mempunyai pemikiran nyang lebih matang mengenai langkah-langkah yang harus di lakukann nya.
·         Pandangan Terhadap Alam
1.       Manusia tunduk kepada  alam yang dashyat.
2.       Manusia berusaha menjaga keselarasan dengan alam.
3.       Manusia berusaha menguasai alam.
·         Hubungan Manusia Dengan Manusia
1.       Orientasi kolateral (horizontal), rasa ketergantungan kepada sesamanya, barjiwa gotong royong.
2.       Orientasi vertikal, rasa ketergantungan kepada tokoh-tokoh yang mempunyai otoriter untuk memerintah dan memimpin.
3.       Individualisme, menilai tinggi uaha atas kekuatan sendiri.

HAKEKAT MANUSIA
              Manusia adalah mahluk paling sempurna yang pernah diciptakan oleh Allah SWT. Kesempurnaan yang dimiliki oleh manusia merupakan suatu konsekuensi fungsi dan tugas mereka sebagai khalifah dimuka bumi ini.
Hakekat manusia adalah sebagai berikut :
·         Makhluk yang memiliki tenga dalam yang dapat menggerakkan hidupnya untuk     memenuhi kebutuhan-kebutuhannya.
·         Individu yang memiliki sifat rasional yang bertanggung jawab atas tingkah laku intelektual dan sosial.
·         yang mampu mengarahkan dirinya ke tujuan yang positif mampu mengatur dan mengontrol dirinya dan mampu menentukan nasibnya.
·         Makhluk yang dalam proses menjadi berkembang dan terus berkembang tidak pernah selesai (tuntas) selama hidupnya.
·         Individu yang dalam hidupnya selalu melibatkan dirinya dalam usaha untuk mewujudkan dirinya sendiri, membantu orang lain dan membuat dunia lebih baik untuk ditempati
·         Suatu keberadaan yang berpotensi yang perwujudanya merupakan ketakterdugaan dengan potensi yang tak terbatas
·         Makhluk Tuhan yang berarti ia adalah makhluk yang mengandung kemungkinan baik dan jahat.
·         Individu yang sangat dipengaruhi oleh lingkungan turutama lingkungan sosial, bahkan ia tidak bisa berkembang sesuai dengan martabat kemanusaannya tanpa hidup di dalam lingkungan sosial.

MACAM MACAM BUDAYA
Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.

Berikut adalah berbagai macam kebudayaan universal, yaitu:
- Sosial 
Macam-macam budaya tentang sosial ini berkaitan erat dengan ras dan suku bangsa. Misalnya suku Batak, Dayak, dsb. di Indonesia, suku Amborigin di Australia, dan masih banyak lagi.  Tiap suku punya ciri khas tersendiri. Semua aspek kehidupan tiap suku adalah akabar budaya nasional bangsa itu sendiri.

- Teknologi 
Teknologi adalah semua hal yang diciptakan manusia sebagai alat untuk mempermudah kehidupan. Kebudayaan teknologi yang dimaksud adalah budaya masyarakat dalam menemukan beberapa hal penting sebagai penunjang hidup. Perkembangan kebudayaan yang satu ini adalah yang paling cepat berubah, karena kebutuhan manusia yang tidak pernah terpuaskan dan ingin sesuatu yang lebih baru dan efisien. Macam-macam budaya teknologi adalah seperti senjata, pakaian, alat komunikasi, sistem transportasi, rumah/bangunan.

- Kesenian
Seluruh budaya di dunia tak lepas dari aspek kesenian daerahnya. Kesenian itu sendiri adalah ekspresi manusia yang bisa dinikmati oleh mata dan telinga. contohnya Sastra (Bahasa), Lagu/Musik, Tarian, Hari Spesial.



REFERENSI




0 komentar:

Posting Komentar

MENUJUKESEMPURNAAN © 2008 Template by:
SkinCorner