Kamis, 10 November 2011

MANUSIA DAN CINTA KASIH

                Semuanya pasti mengetahui, jikalau kita di dunia ini tercipta berkat adanya cinta kasih. Cinta dan kasih ini pada hakikatnya saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan. Keterkaitan manusia dengan cinta kasih sangatlah erat. Pasti manusia di dunia ini pernah merasakan cinta kasih. Nah, untuk lebih detailnya kita bahas manusia dan cinta kasih. Cekidoot…

PENGERTIAN CINTA
                  Kita semua pasti tahu apa itu cinta. Namun Cinta adalah satu perkataan yang mengandungi makna perasaan yang rumit. Bisa dialami semua makhluk. Penggunaan perkataan cinta juga dipengaruhi perkembangan semasa. Perkataan sentiasa berubah arti menurut tanggapan, pemahaman dan penggunaan di dalam keadaan, kedudukan dan generasi masyarakat yang berbeda. Sifat cinta dalam pengertian abad ke 21 mungkin berbeda daripada abad-abad yang lalu. Ungkapan cinta mungkin digunakan untuk meluapkan perasaan seperti berikut:
  • Perasaan terhadap keluarga
  • Perasaan terhadap teman-teman, atau philia
  • Perasaan yang romantis atau juga disebut asmara
  • Perasaan yang hanya merupakan kemahuan, keinginan hawa nafsu atau cinta eros
  • Perasaan sesama atau juga disebut kasih sayang
  • Perasaan tentang atau terhadap dirinya sendiri, yang disebut narsisme
  • Perasaan terhadap sebuah konsep tertentu
  • Perasaan terhadap negaranya atau patriotisme
  • Perasaan terhadap bangsa atau nasionalisme
Cinta terjadi berkat anugrah Tuhan, dimana manusia mempunyai perasaan yang tidak bisa dibohongi. Setiap manusia pasti mempunyai perasaan tersebut dan manusia juga berhak memilikinya, tetapi manusia tidak berhak untuk memaksakan kehendak orang lain untuk mencintainya. Cinta begitu kompleks untuk dijabarkan sebab cinta sangat indentik dengan perasaan hati nuraini seseorang yang paling mendalam, Disamping itu cinta tidak sulit untuk dikatan dari kata-kata tapi cinta begitu mudah untuk diungkapkan dari hati nurani seseorang. 
Cinta takkan bermakna bila tak ada kasih yang menyertainya. Cinta kasih adalah dimana seseorang mempunyai perasaan yang tulus tanpa  ada pamrih apapun. Cinta kasih dimana seseorang bersedia untuk menangis dan tertawa dengan orang yang dia cintainya. Cinta tidak dapat kita hindarkan tetapi cinta dapat kita pelajari dengan cara melihat pengalaman-pengalaman hidup yang kita hadapi. Banyak orang menghindari perasaan cinta padahal cinta adalah anugrah tuhan yang paling indah walaupun cinta terkadang menyakitkan. Sesungguhnya cinta adalah menanggung resiko apapun yang kita rasakan dan bersyukur atas pemberian dari tuhan sebab kita dapat tahu arti dari seluk beluk cinta kasih. Cinta kasih juga harus kita jalanin apa adanya dengan rasa tenang tanpa adanya rasa resah, ragu, dan juga takut sebab cinta adalah hakekat hati kita yang sangat mendalam hanya rasa syukurlah yang dapat merasakan ketenangan dari cinta kasih.

Terdapat unsur-unsur dasar yang menyangkut tentang cinta, yaitu:
·         Pengasuhan, contohnya cinta seorang ibu pada anaknya.
·         Tanggung jawab, adalah tindakan yang benar-benar berdasarkan atas sukarela
·         Perhatian, merupakan suatu perbuatan yang bertujuan untuk mengembangkan pribadi orang lain, agar mau membuka dirinya
·         Pengenalan, merupakan keinginan untuk mengetahui rahasia manusia

Cinta pun memiliki ciri-ciri, diantaranya:
·         Cinta bersifat manusiawi
·         Cinta bersifat rohani
·         Cinta yang menunjukan perilaku member.



PERBEDAAN CINTA DAN KASIH

                Ketika ditanyakan apa perbedaan cinta dan kasih, maka semuanya pati menjawab bila keduanya itu adalah suatu hal yang serupa. Tapi anggapan tersebut ternyata salah. Banyak perbedaan antara cinta dengan kasih. Maka dari itu saya akan mencoba menerangkan perbedaan cinta dan kasih.

                Menurut saya, cinta adalah sesuatu hal yang kita rasakan saat kita menyukai seseorang atau tertarik kepada seseorang. Cinta melambangkan rasa sayang kepada seseorang yang kita sukai. Biasanya ungkapan cinta diungkapkan kepada orang yang terkasihi. Sedangkan kasih adalah perasaaan yang mendalam karena kita mencintai seseorang atau mengasihi seseorang. Kasih adalah suatu hal yang universal , karena kasih tidak hanya diungkapkan kepada seseorang yang kita cintai melainkan kasih digunakan juga untuk menyatakan rasa sayang kepada Tuhan, orang tua, saudara, dan sesamanya.
                Namun saya simpulkan bahwa cinta adalah sesuatu perasaan yang bisa membuat semua orang menjadi bahagia dan sengsara hehehe… sedangkan kasih adalah rasa mengasihi tanpa memilih dan tanpa pamrih.

MACAM-MACAM CINTA
                Pastinya semua tahu kita hidup di dunia ini memang tidak akan pernah lepas dari namanya cinta, dimana mana kita akan selalu membutuhkan cinta atau kasih sayang. Tanpa hal tersebut, mungkin kita tidak akan merasakan indahnya dunia ini, dimana kita akan hidup sendiri dan tidak merasakan indahnya cinta dan kasih sayang, apakah anda mau hidup tanpa cinta???. Kayaknya 90% bakalan bilang "tidak kuat", akan tetapi, ternyata dalam cinta itu terdapat "bumbu-bumbu" lain yang membuat cinta itu bisa manis dan pahit.
                Tapi saya spesifikasikan berbagai macam cinta:
a.       Cinta kepada Allah SWT, inilah cinta yang sesungguhnya. Karena cinta kepada Allah pastinya memberikan kebahagian rohani dan jasmani. Kita semua tahu bahwa Allah SWT sebagai pencipta. Maka dari itu cinta yang paling utama adalah cinta kepada Allah SWT.
b.      Cinta kepada Orang tua, pastinya cinta ini merupakan suatu anugrah terindah. Karena tanpa adanya orang tua, kita tak aka nada didunia ini. Orang tua yaitu ayah dan ibu merupakan seseorang yang telah berjasa buat hidup kita didunia ini. Dan mereka jugaalah yang menjembatani hubungan makhluk dengan Allah SWT.
c.       Cinta Persaudaraan, yaitu diwujudkan manusia dalam tingkah atau perbuatannya. Cinta persaudaraan tidak mengenal adanya batas-batas manusia berdasarkan SARA.
d.      Cinta Keibuan, kasih sayang yang bersumber pada cinta seorang ibu terhadap anaknya.
e.      Cinta Diri Sendiri, yaitu bersumber dari diri sendiri. Cinta diri sendiri bernilai positif jika mengandung makna bahwa seseorang dapat mengurus dirinya dalam kebutuhan jasmani dan rohani.
f.        Cinta Erotis, kasih sayang yang bersumber dari cinta erotis (birahi) merupakan sesuatu yang sifatnya khusus sehingga memperdayakan cinta yang sesungguhnya. Namun, bila orang yang melakukan hubungan erotis tanpa disadari rasa cinta, di dalamnya sama sekali tidak mungkin timbul rasa kasih sayang.
g.       Cinta karena kasih sayang, cinta inilah yang biasanya sangat sulit sekali ditemukan sekarang ini. Akan tetapi, cinta karena kasih sayang masih bisa ditemukan pada pasangan yang benar-benar tulus saling mencintai antara satu dengan yang lain. Cinta ini terkadang tidak peduli dengan apa yang terjadi di sekitar mereka atau dengan kata lain mereka tidak terpengaruh dengan harta atau jabatan. Mereka hanya merasa saling menghargai satu sama lain, dan merasa saling membutuhkan.
h.      Cinta karena nafsu, cinta inilah yang berbahaya, cinta karena nafsu biasanya terjadi pada seseorang yang hanya ingin memenuhi nafsunya belaka. Mereka mengatakan cinta kepada seseorang hanya untuk memenuhi “nafsu” mereka belaka. Cinta ini biasanya terjadi pada masa-masa dewasa, dimana kita misalkan ingin mendapatkan seseorang yang di anggap paling cantik/ganteng di kampus/sekolahan kita. Maka dengan mendapatkanya, kita bisa memuaskan nafsu kita untuk memilikinya. Akan tetapi, “biasanya” hubungan seperti ini tidak bertahan lama, karena tidak desertai dengan rasa cinta yang tulus.
i.         Cinta karena harta,  cinta seperti ini sudah makin banyak terjadi di lingkungan kita, akan tetapi kita juga tidak bisa menyalahkan orang yang mencintai seseorang karena harta. Sekarang beberapa orang mulai berfikir realistis, mereka membutuhkan harta/uang untuk mencukupi kehidupanya sehari-hari. Jadi, mereka mencari pasangan yang jauh lebih kaya dari mereka.
j.        Cinta karena kasihan, biasa kita temuin sehari-hari di lingkungan kita. Cinta ini desebabkan karena seseorang merasa kasihan kepada orang lain atau dengan kata lain merasa iba.
k.       Cinta karena paksaan, biasanya terjadi karena mereka di dorong atau di paksa mencintai seseorang yang tidak dicintainya.
l.         Cinta karena balas dendam, adalah cinta yang hanya ingin menyakiti, tanpa ada rasa ingin saling melindungi satu sama lain.

TINGKATAN CINTA
                Ada berbagai tingkatan cinta yang bisa kita rasakan. Namun hanya ada 4 yang bisa saya sampaikan.
                Tingkatan yang pertama, cinta ialah istihsan (anggapan baik). Pada tingkatan ini seseorang menyukai wajah orang yang menjadi objek cintanya. Dengan demikian, cinta itu pada mulanya bermula dari pandangan mata. Mata seolah-olah berperan sebagai delegasi seseorang yang sedang dilanda cinta, terlebih lagi saat lidah tak mampu mengekspresikan cinta. Pada tingkatan ini interaksi yang terjadi lebih bersifat kesetiakawanan, belum menjadi interaksi cinta.
                Tingkatan yang kedua, adalah takjub. Pada tingkatan ini seseorang selalu ingin berada disamping obyek cintanya dan ingin selalu bercakap-cakap dengannya. Bahkan selalu ingin menjadi perhatian buat objeknya. Ingin terus memberikan perhatian kepadanya (sedikit pengalaman pribadi hehehe…).
                Setelah itu tingkatan yang ketiga, adalah rindu. Dalam tingkatan ini, hati seseorang demikian menggebu-gebu terhadap kekasihnya, sehingga ia akan tersiksa apabila tidak melihat kekasihnya. Semua orang akan ikut merasakan kegelisahannya. Dan pasti akan selalu ingin bertemu (kembali lagi dari pengalaman pribadi hehehe…).
                Dan yang terakhir, tingkatan keempat adalah tingkatan kasmaran. Pikiran seseorang pada level ini akan selalu dipenuhi cinta. Inilah klimaks dari asmara sepasang kekasih. Yang ada dikepalanya pasti hanyalah lawan jenisnya itu. Terkadang ada saatnya semua yang dilakukan pasti akan terbayang-bayaang. Bahkan bawaannya selalu ingin bersama (ngambil lagi dari pengalaman hehehe…). 



REFERENSI

http://id.wikipedia.org/wiki/Cinta

0 komentar:

Posting Komentar

MENUJUKESEMPURNAAN © 2008 Template by:
SkinCorner