Rabu, 04 April 2012

DEMOKRASI DAN BENTUKNYA DI SISTEM PEMERINTAHAN

Demokrasi sejatinya memiliki arti yaitu suatu bentuk pemerintahan politik yang kekuasaannya berasal dari rakyat. Hal ini menunjukkan bahwa kekuasaan tertinggi dalam sistem demokrasi ada di tangan rakyat. Seluruh rakyat mempunyai hak, kesempatan dan suara yang sama dalam mengatur segala sesuatu di pemerintahan suatu negara.

Secara garis besar, bentuk demokrasi dalam sistem pemerintahan terbagi dua yaitu demokrasi langsung dan demokrasi perwakilan.

  1. Demokrasi langsung adalah suatu bentuk demokrasi dimana setiap rakyat berhak memberikan suara atau pendapat dalam menentukan keputusan. Dalam hal ini rakyat menyuarakan aspirasinya sendiri sehingga memberikan pengaruh langsung terhadap yang terjadi dalam pemerintahan suatu negara.
  2. Demokrasi perwakilan adalah suatu bentuk demokrasi dimana setiap rakyat memilih perwakilannya dalam menyampaikan aspirasi melalui pemilihan umum. 

Dan negara kita Indonesia pun mempunyai sistem pemerintahan yang demokrasi. Indonesia menganut kedua bentuk demokrasi tersebut yaitu demokrasi langsung dan demokrasi perwakilan. Namun sayang, akhir-akhir ini para perwakilan rakyat yang duduk di bangku pemerintahan tidak bisa membuat rakyat sejahtera, bahkan malah mencekik rakyat dengan keputusan-keputusan yang sangat merugikan rakyat yang telah memilihnya. Begitu juga ketika suara-suara aspirasi rakyat yang diwakili oleh para mahasiswa tak digubris sama sekali oleh pemerintah. Bahkan pemerintah berlaku sewenang-wenang tanpa memikirkan rakyat yang telah memilihnya.

0 komentar:

Posting Komentar

MENUJUKESEMPURNAAN © 2008 Template by:
SkinCorner